Pengantar Kitab Nahwu Wadhih Jilid 1

8 Maret 2012 pukul 9:41 am | Ditulis dalam Nahwu, semua | Tinggalkan komentar

النَحْوُ الوَاضِح

Nahwu (Contoh) yang Jelas

في قواعد اللغة العربية

pada kaidah bahasa arab

للدرسات الابتدائية

untuk tingkat sekolah dasar

الجزء الاول

jilid 1

تاليف

Pengarang

علي الجارمي و مصطفى امين

Segala puji milik Allah SWT, Tuhan semesta alam, dengan sebenar-benar pujian. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi dan hamba”Nya” Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan pengikut beliau hingga hari akhir.

Kitab An Nahwu Al Wadhih (Contoh yang jelas) ini adalah kitab yang dikarang oleh Ali Al Jarimy dan Mushtafa Amin, sebuah kitab kaidah bahasa arab (nahwu) yang disusun untuk tingkatan orang awam (Orang yang baru belajar bahasa Arab). Kitab ini ada tiga jilid dan saya jelaskan jilid pertama dulu. An Nahwul Wadhih adalah sebuah kitab yang ringan bahasanya namun berat muatan materinya. Sebuah kitab yang akan memberikan kita perkenalan dan gambaran umum tentang tata bahasa arab.

Pembahasan ini saya buat karena saya begitu kagum dengan muatan materinya yang disusun secara sistematis sehingga saya yakin bahwa kitab ini bagus sekali untuk dijadikan pegangan awal bagi orang-orang yang ingin mempelajari bahasa arab. Dalam melakukan penerjemahan, saya melakukan penerjemahan dengan makna karena pada beberapa tempat amat sulit menyesuakan tata bahasa arab dengan tata bahasa Indonesia.

Dalam pembahasan ini, saya hanya menerjemahkan materi-materinya, adapun latihan-latihannya tidak saya terjemahkan. Selain karena pertimbangan waktu, mengingat sifatnya sebagai latihan, saya pikir diperlukan keberadaan guru yang mengajari secara langsung. Oleh karena itu bagi yang ingin melihat latihannya, silahkan merujuk ke kitabnya langsung. Mungkin jika saya diberi kelapangan waktu, akan saya terjemahkan seluruh bagian kitab atau bisa kita saling sharing lewat email atau facebook.

Pembahasan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri, sahabat-sahabat, dan kaum muslimin pada umumnya

Semoga Allah SWT. memberikan kemudahan kepada kita dalam mempelajari bahasa yang terbaik ini.. Semoga Allah menjadikan pekerjaan saya ini bermanfaat untuk kaum muslimin.

 

Amiinnn……………….

 

 

Dalam pembahasan ini, saya hanya menerjemahkan materi-materinya, adapun latihan-latihannya tidak syaa terjemahkan. Selain

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

